gunung panderman bisa dikatakan adalah suasana alam yang berada di kota batu. dimanapun anda berada dalam wilayah kota malang. gunung panderman ini tampak bagus dan menjadi baiground yang sangat menarik.  dan puncaknya sangat jelas ketika kita melihat suasana kota malang dari puncak sungguh menyenangkan dan sambil melihat sanset. namun meskipun puncak terasa tidak begitu tinggi ,tapi untuk mencapai puncaknya cukup tajam dan melelahkan.
Untuk mendaki Gunung Panderman ada dua jalur; jalur pertama adalah jalur umum yang sudah banyak dikenal yaitu melalui Dukuh Toyomerto, Desa Pesanggrahan. Jalur kedua bisa dikatakan tidak banyak yang mengetahuinya karena jalur ini bukanlah jalur umum dan tidak terdapat fasilitas-fasilitas seperti tempat parkir dan air bersih karena memang tidak dirancang bagi mereka yang akan mendaki Gunung Panderman; namun sebenarnya jalur ini adalah semacam Jalan Pintas untuk sampai di puncak, dan bagi para anggota pecinta alam di Kota Batu, jalur ini justru merupakan jalur favorit mereka. Para anggota pecinta alam Kota Batu biasa menyebutnya dengan jalur Curah Banteng. Sebuah jalur yang cukup menantang karena di beberapa tanjakan sudut kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat, dan hanya bisa dilewati dengan cara memanjatnya.
                                                               PESAN
Disini saya tidak meberikan estimasi biaya perjalanan karena estimasi biaya setiap waktu bisa berubah dan saya menganjurkan untuk tanya langsung ke petugas. saya berharap kepada pecinta pendaki gunungwajib membawa air karna di puncaknya tidak ada air. berhati-hati jika kalian mendaki gunung panderman karna sering terjadi tanah longsor. terimakasih